Saturday, 28 February 2015

Statistik vs Web Analytics ?

"Web Analytics is the study of online behavior in order to improve it." - Wikipedia

Alat bantu analisa bisnis modern dan analisis digital memberi kita kemampuan untuk mengumpulkan data dengan jumlah yang mengejutkan. Bahkan, masalah sekarang, bukan pada ketidakmampuan mendapatkan data, kita memiliki begitu banyak alat dan sumber data. Masalahnya, kita tidak mungkin memproses semuanya. Dan terkadang, kita terkubur oleh data yang besar.


Dahulu, Web Analytics adalah data mentah yang terlalu banyak bagi sebagian besar kita dan tujuan analisis saat ini tidak hanya untuk mengumpulkan data dan menampilkannya dalam grafik yang tidak berarti. Atau lebih buruk lagi, hanya membiarkannya menumpuk di harddisk atau server kita. Anda harus mengambil data mentah, mengaturnya menjadi sesuatu yang bisa digunakan, sesuatu yang ditindaklanjuti dan sesuatu yang memiliki penting dan bermakna bagi kita sebagai manusia.

Dari perspektif bisnis, kita harus mampu menjawab semua pertanyaan yang mendasar untuk secara efektif dapat meningkatkan pemasaran dan pengembangan bisnis. Dan sementara pertanyaan-pertanyaan ini bisa sangat spesifik dan kompleks, beberapa pertanyaan dapat menjadi sederhana seperti, “Bagaimana performa website kita?” Keinginan untuk menganalisa situs bukanlah hal baru. Tidak lama setelah web itu dibuat, pemilik situs biasanya langsung untuk mencari cara untuk memahami, apa yang terjadi pada situs yang mereka miliki.

Hit counter analytics
Hit Counter yang dulu sangat populer !

Para senior analitik di antara kita bahkan mungkin ingat ketika setiap situs memiliki counter hit gaya odometer. Saya akui, ini terlihat keren ketika teknologi ini pertama kali muncul, tetapi kenyataannya adalah, mereka tidak memberitahu kita apapun untuk mengambil tindakan lanjutan, untuk meningkatkan performa situs. Lalu kemudian, muncullah log analyzer generasi pertama! Tapi sebenarnya, ini tetap perhitungan counter dari waktu ke waktu. Bahkan yang paling canggih dari ini, bandwidth dan utilisasi server statistic! Namun tetap, masih belum menjawab pertanyaan dasar, “Bagaimana performa website ?” Ok, mungkin kita tau tentang performa server, tapi kita butuh sesuatu yang lebih jauh dari ini.

statistik situs
Aha statistik situs !... so what's next ?


Apa yang kita perlu, adalah bagaimana kinerja konten dalam situs kita dan bagaimana pengunjung berinteraksi dengannya. Saluran pemasaran mana yang berdampak pada bisnis? Perangkat yang pengunjung situs saya gunakan? Tak satu pun dari ini memberitahu kita bahwa. Jadi bagaimana analisis web modern, menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar?


Begitu penting untuk tidak lagi perduli pada ukuran hits dan berpaling menjadi memahami perilaku pengunjung dan melakukan evaluasi bagaimana pengunjung dapat berkunjung ke situs kita dan tentunya kinerja dari semua unsur situs kita.

No comments:

Post a Comment