"Web Analytics is the study of online behavior in order to improve it." - Wikipedia
Alat bantu analisa bisnis modern dan analisis digital memberi
kita kemampuan untuk mengumpulkan data dengan jumlah yang mengejutkan. Bahkan,
masalah sekarang, bukan pada ketidakmampuan mendapatkan data, kita memiliki
begitu banyak alat dan sumber data. Masalahnya, kita tidak mungkin memproses
semuanya. Dan terkadang, kita terkubur oleh data yang besar.
Dahulu, Web Analytics adalah data mentah yang terlalu banyak bagi sebagian besar kita dan tujuan analisis saat ini tidak hanya untuk mengumpulkan data dan menampilkannya dalam grafik yang tidak berarti. Atau lebih buruk lagi, hanya membiarkannya menumpuk di harddisk atau server kita. Anda harus mengambil data mentah, mengaturnya menjadi sesuatu yang bisa digunakan, sesuatu yang ditindaklanjuti dan sesuatu yang memiliki penting dan bermakna bagi kita sebagai manusia.
Dahulu, Web Analytics adalah data mentah yang terlalu banyak bagi sebagian besar kita dan tujuan analisis saat ini tidak hanya untuk mengumpulkan data dan menampilkannya dalam grafik yang tidak berarti. Atau lebih buruk lagi, hanya membiarkannya menumpuk di harddisk atau server kita. Anda harus mengambil data mentah, mengaturnya menjadi sesuatu yang bisa digunakan, sesuatu yang ditindaklanjuti dan sesuatu yang memiliki penting dan bermakna bagi kita sebagai manusia.
Dari perspektif bisnis, kita harus mampu menjawab semua
pertanyaan yang mendasar untuk secara efektif dapat meningkatkan pemasaran dan pengembangan
bisnis. Dan sementara pertanyaan-pertanyaan ini bisa sangat spesifik dan
kompleks, beberapa pertanyaan dapat menjadi sederhana seperti, “Bagaimana performa
website kita?” Keinginan untuk menganalisa situs bukanlah hal baru. Tidak lama
setelah web itu dibuat, pemilik situs biasanya langsung untuk mencari cara
untuk memahami, apa yang terjadi pada situs yang mereka miliki.
![]() |
| Hit Counter yang dulu sangat populer ! |
Para senior analitik di antara kita bahkan mungkin ingat
ketika setiap situs memiliki counter hit gaya odometer. Saya akui, ini terlihat
keren ketika teknologi ini pertama kali muncul, tetapi kenyataannya adalah,
mereka tidak memberitahu kita apapun untuk mengambil tindakan lanjutan, untuk
meningkatkan performa situs. Lalu kemudian, muncullah log analyzer generasi
pertama! Tapi sebenarnya, ini tetap perhitungan counter dari waktu ke waktu.
Bahkan yang paling canggih dari ini, bandwidth dan utilisasi server statistic! Namun
tetap, masih belum menjawab pertanyaan dasar, “Bagaimana performa website ?”
Ok, mungkin kita tau tentang performa server, tapi kita butuh sesuatu yang
lebih jauh dari ini.
![]() |
| Aha statistik situs !... so what's next ? |
Apa yang kita perlu, adalah bagaimana kinerja konten dalam situs kita dan bagaimana
pengunjung berinteraksi dengannya. Saluran pemasaran mana yang berdampak
pada bisnis? Perangkat yang pengunjung situs saya gunakan? Tak satu pun dari
ini memberitahu kita bahwa. Jadi bagaimana analisis web modern, menjawab
pertanyaan-pertanyaan mendasar?
Begitu penting untuk tidak lagi perduli pada ukuran hits dan
berpaling menjadi memahami perilaku pengunjung dan melakukan evaluasi bagaimana
pengunjung dapat berkunjung ke situs kita dan tentunya kinerja dari semua unsur
situs kita.


No comments:
Post a Comment