Sebelum memahami cara menginstal Goolge Analytics, dan menganalisa
setiap laporan yang dihasilkannya, penting untuk mendalami tentang bagaimana
Google Analytics bekerja. Jadi mari kita melihat ciri umum bagaimana kunjungan
situs terjadi.
Generasi pertama: Log Parser
Katakanlah seseorang menggunakan laptop mereka, dan ingin
mengunjungi website Anda. Jadi mereka membuka browser web mereka. Sekarang,
file website yang anda taruh pada server hosting, menunggu permintaan dari
browser. Dan ketika browser membuat permintaan ini, permintaan akan masuk ke log
di server web. Dan ketika aplikasi web analytics generasi pertama lahir, aplikasi
tersebut membaca log pada server, dan mencoba untuk melakukan intrepetasi data.
Generasi pertama ini dikenal sebagai log parser. Aplikasi
yang terinstal secara eksklusif pada server web anda sendiri, tidak menjalankan
JavaScript pada browser, dan bekerja seperti seorang detektif berusaha untuk
bekerja mundur dan menciptakan sesi web browsing, dengan mencoba untuk memahami
kegiatan yang direkam dalam log file. Tentunya, ada banyak masalah dengan
menjalankan server analitik sendiri. Anda perlu server sendiri, database, ruang
data center, dan admin yang sangat terampil untuk menjalankan itu semua dan
menjaga keamanannya. Ini bisa sangat mahal dan memakan waktu. Dan di atas semua
itu, data yang Anda dapatkan dari proses detektif ini sering tidak lengkap dan
tidak menjawab pertanyaan tentang bagaimana melakukan perbaikan performa
pemasaran dan situs itu sendiri.
Google Analytics: Modern Web Analytics
Sekarang cara Google Analytics bekerja didasarkan pada
generasi terbaru dari modern web analytics dan memiliki perbedaan yang sangat
penting dari sistem lama berbasis file log. Google Analytics sama sekali tidak
membutuhkan data log pada server anda. Ketika web server melakukan transfer
data kembali ke browser. Kode JavaScript yang tertanam langsung berjalan. Kode
Google Analytics itu mengumpulkan informasi dari browser Anda, dan
mengirimkannya langsung ke pusat-pusat data Google. Kini selain bahwa
JavaScript yang berjalan dalam standard browser, kita juga dapat mengirimkan
data oleh aplikasi mobile, atau bahkan perangkat non-komputer seperti pembuat kopi
dan hampir apapun yang dapat membuat format
data yang tepat. Data tersebut dikirimkan kembali ke Google dengan apa yang
dikenal sebagai Measurement Framework
(Kerangka Pengukuran).
Semua data yang dikumpulkan dari pengunjung dan akhirnya
disimpan dalam database google. Ketika Anda dan saya pergi login ke Google
Analytics, kita membuka pelaporan yang terhubung ke database tersebut. Tergantung
pada jumlah lalu lintas yang Anda miliki, dan jenis akun Google Analytics Anda
miliki, anda mungkin melihat perbedaan tentang berapa lama dari waktu pengunjung melihat
halaman web, sampai data dari kunjungan yang muncul dalam laporan dalam Google
Analytics.
FREE Google Analytics vs PREMIUM Google Analytics
Sekarang jika Anda memiliki Google Analytics Premium, yang
merupakan versi berbayar, Google menjamin bahwa situs Anda, tidak peduli
seberapa besar, akan diproses dalam waktu kurang dari empat jam, dan biasanya
lebih cepat. Namun, sebagian besar dari Anda akan memiliki standar versi
gratis. Jika Anda memiliki lebih sedikit 200.000 kunjungan per hari dalam versi
gratis, Anda mungkin akan melihat proses kunjungan dengan diproses sekitar tiga
atau empat jam. Hitungan di atas 200.000 kunjungan per hari akan melewatkan ini
pengolahan harian dan hanya proses dalam satu batch besar perharinya. Bahkan,
beberapa account yang memiliki kunjungan sangat besar pada versi gratis dapat
melihat penundaan dari 48 jam atau lebih sampai semua data masuk terlebih
dahulu.
4 Keuntungan Google Analytics
Secara keseluruhan, ada empat keuntungan utama ke sistem
seperti Google Analytics. Pertama, adalah akurasi. Dengan memanfaatkan fitur
pada browser seperti cookies dan JavaScript, itu membuat analisa jauh lebih
akurat. Yang kedua adalah biaya. Semua biaya pemeliharaan perangkat keras,
database, bandwidth, pusat data, sumber daya TI, semua itu ditangani dan
dibayar oleh Google dan semua itu gratis. Anda dapat mulai menggunakannya saat
Anda membuat account. Yang ketiga, adalah infrastruktur yang terdistribusi
secara global. Hal ini membantu proses halaman Anda lebih cepat. Berapa kali
Anda pergi ke Google.com dan server gagal menampilkan halaman.. Secara pribadi,
saya menggunakan Google setiap hari, dan itu salah satu situs yang paling dapat
diandalkan yang pernah saya lihat. Dan karena server mereka dengan pelanggan
Anda, proses yang terjadi lebih cepat daripada dibandingkan jika Anda mencoba
untuk melakukannya sendiri dari satu server dalam satu lokasi. Dan yang keempat,
adalah fleksibilitas. Anda dapat mengirimkan data dari beberapa situs web host
pada server yang berbeda, aplikasi mobile, cash register, dan bahkan
menambahkan data offline dan memiliki semuanya bergabung menjadi satu tampilan
kohesif pemasaran digital Anda. Secara keseluruhan, ini adalah langkah besar ke
depan dari analisis web yang jauh lebih mudah.
Intinya, Kita mendapatkan lebih banyak akurasi dan
fleksibilitas, dengan biaya yang lebih murah.
No comments:
Post a Comment