Sunday, 1 March 2015

Bagaimana cara Google Analytics bekerja?

Sebelum memahami cara menginstal Goolge Analytics, dan menganalisa setiap laporan yang dihasilkannya, penting untuk mendalami tentang bagaimana Google Analytics bekerja. Jadi mari kita melihat ciri umum bagaimana kunjungan situs terjadi.


Generasi pertama: Log Parser

Katakanlah seseorang menggunakan laptop mereka, dan ingin mengunjungi website Anda. Jadi mereka membuka browser web mereka. Sekarang, file website yang anda taruh pada server hosting, menunggu permintaan dari browser. Dan ketika browser membuat permintaan ini, permintaan akan masuk ke log di server web. Dan ketika aplikasi web analytics generasi pertama lahir, aplikasi tersebut membaca log pada server, dan mencoba untuk melakukan intrepetasi data.

Generasi pertama ini dikenal sebagai log parser. Aplikasi yang terinstal secara eksklusif pada server web anda sendiri, tidak menjalankan JavaScript pada browser, dan bekerja seperti seorang detektif berusaha untuk bekerja mundur dan menciptakan sesi web browsing, dengan mencoba untuk memahami kegiatan yang direkam dalam log file. Tentunya, ada banyak masalah dengan menjalankan server analitik sendiri. Anda perlu server sendiri, database, ruang data center, dan admin yang sangat terampil untuk menjalankan itu semua dan menjaga keamanannya. Ini bisa sangat mahal dan memakan waktu. Dan di atas semua itu, data yang Anda dapatkan dari proses detektif ini sering tidak lengkap dan tidak menjawab pertanyaan tentang bagaimana melakukan perbaikan performa pemasaran dan situs itu sendiri.

Google Analytics: Modern Web Analytics

Sekarang cara Google Analytics bekerja didasarkan pada generasi terbaru dari modern web analytics dan memiliki perbedaan yang sangat penting dari sistem lama berbasis file log. Google Analytics sama sekali tidak membutuhkan data log pada server anda. Ketika web server melakukan transfer data kembali ke browser. Kode JavaScript yang tertanam langsung berjalan. Kode Google Analytics itu mengumpulkan informasi dari browser Anda, dan mengirimkannya langsung ke pusat-pusat data Google. Kini selain bahwa JavaScript yang berjalan dalam standard browser, kita juga dapat mengirimkan data oleh aplikasi mobile, atau bahkan perangkat non-komputer seperti pembuat kopi dan hampir apapun yang  dapat membuat format data yang tepat. Data tersebut dikirimkan kembali ke Google dengan apa yang dikenal sebagai Measurement Framework (Kerangka Pengukuran).

Semua data yang dikumpulkan dari pengunjung dan akhirnya disimpan dalam database google. Ketika Anda dan saya pergi login ke Google Analytics, kita membuka pelaporan yang terhubung ke database tersebut. Tergantung pada jumlah lalu lintas yang Anda miliki, dan jenis akun Google Analytics Anda miliki, anda mungkin melihat perbedaan tentang berapa lama dari waktu pengunjung melihat halaman web, sampai data dari kunjungan yang muncul dalam laporan dalam Google Analytics.

FREE Google Analytics vs PREMIUM Google Analytics

Sekarang jika Anda memiliki Google Analytics Premium, yang merupakan versi berbayar, Google menjamin bahwa situs Anda, tidak peduli seberapa besar, akan diproses dalam waktu kurang dari empat jam, dan biasanya lebih cepat. Namun, sebagian besar dari Anda akan memiliki standar versi gratis. Jika Anda memiliki lebih sedikit 200.000 kunjungan per hari dalam versi gratis, Anda mungkin akan melihat proses kunjungan dengan diproses sekitar tiga atau empat jam. Hitungan di atas 200.000 kunjungan per hari akan melewatkan ini pengolahan harian dan hanya proses dalam satu batch besar perharinya. Bahkan, beberapa account yang memiliki kunjungan sangat besar pada versi gratis dapat melihat penundaan dari 48 jam atau lebih sampai semua data masuk terlebih dahulu.

4 Keuntungan Google Analytics

Secara keseluruhan, ada empat keuntungan utama ke sistem seperti Google Analytics. Pertama, adalah akurasi. Dengan memanfaatkan fitur pada browser seperti cookies dan JavaScript, itu membuat analisa jauh lebih akurat. Yang kedua adalah biaya. Semua biaya pemeliharaan perangkat keras, database, bandwidth, pusat data, sumber daya TI, semua itu ditangani dan dibayar oleh Google dan semua itu gratis. Anda dapat mulai menggunakannya saat Anda membuat account. Yang ketiga, adalah infrastruktur yang terdistribusi secara global. Hal ini membantu proses halaman Anda lebih cepat. Berapa kali Anda pergi ke Google.com dan server gagal menampilkan halaman.. Secara pribadi, saya menggunakan Google setiap hari, dan itu salah satu situs yang paling dapat diandalkan yang pernah saya lihat. Dan karena server mereka dengan pelanggan Anda, proses yang terjadi lebih cepat daripada dibandingkan jika Anda mencoba untuk melakukannya sendiri dari satu server dalam satu lokasi. Dan yang keempat, adalah fleksibilitas. Anda dapat mengirimkan data dari beberapa situs web host pada server yang berbeda, aplikasi mobile, cash register, dan bahkan menambahkan data offline dan memiliki semuanya bergabung menjadi satu tampilan kohesif pemasaran digital Anda. Secara keseluruhan, ini adalah langkah besar ke depan dari analisis web yang jauh lebih mudah.


Intinya, Kita mendapatkan lebih banyak akurasi dan fleksibilitas, dengan biaya yang lebih murah.

No comments:

Post a Comment